Friday, May 18, 2018

Pilih DSLR atau Mirrorless??

Untuk mengetahui lebih baik mana? Atau pun lebih bagus mana? Di antara kamera DSLR atau pun mirrorless lebih baik kita mengetahui dulu pengertian dan perbedaan dari ke dua tipe kamera tersebut :
Kamera DSLR adalah kepanjangan dari Digital Single Lens Reflex. DSLR adalah kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke Viewfinder. Nah Viewfinder itu sendiri adalah lobang kecil di belakang kamera tempat kita mengintip suatu obyek foto (jendela bidik). Sistem kerja kamera DSLR Bila kita mengambil gambar, cermin tersebut akan naik dengan cepat, shutter (rana) di depan sensor gambar akan otomatis terbuka, dan cahaya akan mengenai sensor sehingga bisa dilakukan pengambilan gambar. Nah setelah itu cermin dengan cepat akan kembali ke posisi semula.

Sedangkan kamera Mirrorless, seperti namanya mirrorless berarti tanpa cermin. Sistem kerjanya cahaya akan melewati lensa dan langsung jatuh ke sensor gambar dan gambar obyek akan ditampilkan pada layar LCD setelah itu tekan shutter dan foto otomatis tersimpan di kamera.
Dari penjelasan di atas bahwa ke dua kamera tersebut berbeda cara sistem kerjanya. Nah berikut ini ada daftar pertimbangan dan perbedaan lagi, yang bisa di gunakan untuk menentukan pilihan kamera yang tepat yang terbaik sesuai kebutuhan Anda :

Ukuran
Sudah jelas kamera DSLR lebih besar ketimbang kamera mirrorless, karena kamera DSLR memiliki ruang untuk menyimpan cerminnya sehingga body kamera DSLR lebih besar, sedangkan untuk kamera mirrorless itu tidak memiliki cermin sehingga otomatis ukurannya akan menjadi lebih kecil ketimbang dengan kamera DSLR.

Lensa
Untuk kamera DSLR banyak sekali pilihan lensanya mulai dari lensa wide, lensa fix, lensa telle itu sangan banyak sekali pariasinya. Berbeda dengan mirrorless yang hanya masih sedikit lensannya dan ada beberapa lensa untuk mirrorless yang di haruskan untuk menggunakan adapter supaya lensanya itu muat/pas di body kamera.

Baterai
Sudah jelas sekali pada kamera DSLR memilik ketahanan baterai lebih lama ketimbang kamera Mirrorless. karena pada kamera DSLR dengan body yang cukup besar sehingga bisa menyimpan slot baterai yang lebih besar daya tahannya. Sedangkan untuk kamera mirrorless karena bodynya lebih kecil otomatis baterainya kecil dan juga daya tahannya itu lebih sedikit dari kamera DSLR.


Viewfinder
(jendela Bidik)
Nah di kamera DSLR memiliki viewfinder optical jadi apa yang kalian lihat pada asli lokasinya itu akan terlihat sama dalam viewfinder tersebut. Nah berbeda dengan mirrorless, karena mirroless tidak memiliki cermin rata2 kamera mirrorless tidak memiliki viewfinder, tetapi ada juga beberapa kamera mirrorless yang memiliki viewfinder seperti seri kamera sony a7.

Auto Fokus

Pada auto fokus DSLR cocok sekali digunakan pada keadaan low light situation jadi pada saat gelap auto fokusnya bisa di gunakan dengan baik. Berbeda dengan mirroless, mirrorless ini memiliki kelebihan auto fokus untuk videonya jadi ketika merekam video menggunakan kamera mirrorless, auto fokus pada kamera mirrorless itu bagus sekali untuk merekam video.

Kesimpulannya bagusannya mana? lebih baik mana? Dari kedua kamera tersebut baik DSLR atau pun Mirrorless. Jawabannya adalah dua-duanya dan tergantung mau memakai atau beli yang mana. Kalau misalkan mau beli kamera yang mudah dibawa kemana-mana, bodynya kecil tidak berat, hasil video bagus maka kamera mirrorless lah pilihannya. Kalau ingin beli kamera yang hasil fotonya bagus walaupun dalam ke adaan low light, punya/ ingin lensanya di ganti-ganti sebaiknya pilihlah kamera DSLR. Itu semua tergantung kalian.. SO KALIAN PILIH MANA DSLR ATAU MIRRORLESS????




-Farhan walyudin-