Thursday, May 17, 2018

Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Pesepakbola


Sepak Bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari oleh para kaum adam dan tidak terkecuali juga kaum hawa pun banyak yang menggemari olahraga ini. Tidak heran saat ini sudah banyak Negara negara di Benua Eropa yang mengadakan kompetisi sepak bola khusus kaum hawa.



Namun,kali ini saya tidak akan membahas mengenai sepak bola untuk kaum hawa tetapi saya ingin memberitahu kan ada hal yang harus diketahui oleh para orang-orang yang menggemari permainan sepak bola ini. Apa hal tersebut?
Ada nutrisi penting yang harus dijaga oleh para pesepak bola agar tubuhnya tetap terjaga. Apa saja nutrisi tersebut? Berikut diantaranya:

1. Karbohidrat

Nutrisi pertama yang harus tercukupi oleh para pesepak bola adalah karbohidrat. Jika kita bermain dengan waktu yang lama dan itensitas tinggi, namun hanya diimbangi dengan karbohidrat yang rendah, maka itu sama saja dengan mengendarai suatu motor tanpa memakai bensin.
Walaupun sudah mengkonsumsi minuman berenergi, tapi asupan karbohidrat yang paling baik bersumber dari makanan alami yang mengandung gizi. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat yaitu seperti ubi jalar, nasi, gandum, dan masih banyak lagi.



2. Sodium
Nutrisi yang kedua adalah sodium, seorang pesepak bola sangat  memerlukan sodium ketika bermain. Karena sodium sangat penting pada saat bermain sepak bola, yaitu sebagai pemenuh kebutuhan  cairan tubuh.
Sumber makanan dan minuman yang mengandung sodium adalah keju, roti, sup, dan jenis minuman berenergi.


3. Zat Besi
Nutrisi yang harus dipenuhi selanjutnya yaitu zat besi. Zat besi memiliki peran penting untuk membantu pembentukan sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke dalam otot tubuh.
Saat bermain sepak bola, otot akan bekerja dengan banyak. Sehingga sangat membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Makanan yang paling banyak mengandung zat besi adalah jenis kacang-kacangan, daging merah, ikan, tahu, dan bayam.

Demikian ke-3 nutrisi yang harus dipenuhi oleh para pesepak bola. Karena tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga ketahanan tubuhnya. Untuk hidup sehat, kita bisa saja mengaplikasikan menu-menu makanan seperti di atas meskipun kita bukan atlet sepakbola.




Dwi Faturrahman_2B

No comments:

Post a Comment