Thursday, May 17, 2018

A QUIET PLACE : INGIN HIDUP? MAKA DIAMLAH!!







Yuhuuuuuu akhirnyaa film bergenre horor kembali menghantui bioskop-bioskop seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Yappsss film 'A Quiet Place' bergenre horrorthriller garapan John Krasinski ini memang banyak mencuri perhatian para penikmat film horor yang bosan dengan hantu, nahh karena alih-alih menggunakan hantu justru di film ini monster lah yang menjadi sosok yang sangat menakutkan.
Bayangkan ketika kita harus hidup dan melakukan aktivitas sehari-hari tanpa boleh mengeluarkan suara sedikit pun kalau tidak maka akan ada monster yang siap membunuh kita kapan saja, pastinya itu akan membuat kita selalu diliputi rasa ketakutan yang luar biasa setiap detiknya
Seperti sebaris kalimat yang tertera di poster film tersebut 'If they hear you, they hunt you' bahwa film ini menceritakan satu keluarga yang harus bertahan hidup dan memperjuangkan nyawa mereka dari ancaman bahaya diluar yaitu monster-monster buta yang memiliki pendengaran sangat sensitif bahkan terlalu tajam dan siap membunuh mereka kapan saja. Oleh karena itu mereka harus menjalani aktivitas sehari-hari dengan kesunyian alias tanpa suara sama sekali, bukan hanya berkomunikasi dengan bahasa isyarat saja mereka juga harus berjalan tanpa alas kaki, mendengarkan musik dengan earphone, makan dengan menggunakan alas daun dan tanpa alat-alat makan yang dapat menimbulkan bunyi, lalu mencuci muka dengan dilapisi kain dibawahnya agar tidak terdengar suara cipratan air. Jadi jangan sampai monster-monster itu mendengar suara sedikit pun atau nyawa yang akan menjadi taruhannya.

Dengan alur seperti ini maka para pemain pun jarang melakukan dialog dan hanya menggunakan bahasa isyarat, bisa dibayangkan bagaimana sunyi dan sepi nya bioskop ketika film ini diputar sampai-sampai mengunyah pop corn saja bisa terdengar ke seluruh ruangan bioskop hehe. Justru kesunyian inilah yang membuat penonton semakin degdegan dan serius untuk menonton jalan cerita film ini sampai akhir hanya untuk melihat bagaimana keluarga tersebut berjuang dalam kebisuan dan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya untuk melindungi satu sama lain. Setiap menit di film ini tak akan membiarkan para penonton bernafas lega berlama-lama karena selalu ada hal yang membuat penonton degdegan, kaget sampai-sampai jantung serasa mau copot, frustasi dan tak terbayang dengan alur cerita film ini. Selain itu di tayangkan juga adegan-adegan yang begitu mengharukan tentang keluarga yang sama gilanya dengan adegan mencekamnya.
Di film 'A Quiet Place' ini sang sutradara John Krasinski juga terlibat bermain dalam film, ia berperan sebagai ayah yang bernama Lee Abbott yang harus berjuang mati-matian untuk melindungi istrinya yang bernama Evelyn Abbott (Emily Blunt -yang tak lain adalah istrinya juga di dunia nyata-) dan anak-anaknya yaitu Regan Abbott (Millicent Simmonds), Marcus (Noah Jupe) dan Beau (Cade Woodaward) dari monster menakutkan tersebut.
Kita tidak tahu kemana orang-orang pergi, dari mana monster itu berasal yang kita tahu di awal film penonton sudah diperlihatkan pada hari ke 89 dimana kondisi sebuah kota yang sepi dan hancur hanya ada satu keluarga yaitu keluarga Abbott yang masih bertahan. Kejadian ini berawal ketika mereka berada di sebuah toko yang sangat berantakan dan sepi untuk mengambil beberapa barang dan makanan yang masih bisa dipergunakan, ketika melewati jembatan untuk pulang kerumah si anak bungsu Beau (Cade Woodaward) menyalakan pesawat mainan yang ia ambil di toko tersebut dan otomatis mainan itu menimbulkan suara yang cukup kencang sehingga monster tersebut datang dan membunuh Beau tepat di depan keluarganya.
Film berdurasi kurang lebih 90 menit ini tidak hanya membuat penonton ketakutan tetapi juga dibuat merasakan keharuan bagaimana perjuangan suatu keluarga yang menjaga satu sama lain agar tetap hidup di tengah-tengah teror monster tersebut.
Tantangan yang dialami sutradara dan pembuat film ini yaitu bagaimana dengan dialog yang sangat sedikit dapat dimengerti oleh penonton, maka mereka harus membuat ide yang kreatif agar penonton bisa paham dan terbawa dengan suasana setiap adegannya di film ini. Selain orang-orang yang bekerja di belakang layar, semua pemain juga turut menyumbangkan kemampuan terbaik yang dimilikinya, mulai dari sang sutradara John Krasinski yang ikut berperan menjadi suami bersama dengan istrinya Emily Blunt yang tak lain adalah istri aslinya juga di dunia nyata sehingga memperkuat chesmistry diantara keduanya sebagai sepasang suami istri. Dan Millicent Simmonds berperan sebagai anak sulung yang bernama Regan Abbott, di film ini ia memainkan peran seorang anak tunarungu padahal aslinya ia memang menyandang tunarungu sehingga sangat cocok dengan apa yang ia perankan di film dan mengerti apa yang harus ia lakukan dalam memerankan karakter tersebut.
Sutradara Krasinski sangat baik dalam membangun ketegangan demi ketegangan yang sukses membuat jantung penonton berdebar hebat bahkan hingga akhir film, ia juga mampu membuat penonton penasaran dengan bentuk monster menyeramkan ini mulai dari yang hanya sekelebat bayangan, sampai akhirnya terlihat wujud seluruhnya.
Di film ini diperlihatkan sisi keharuan bagaimana seorang ayah yang berjuang membuat alat bantu dengar untuk putri sulungnya dan ternyata bisa dipergunakan sebagai alat untuk mengusir monster tersebut. Ada juga scene dimana sang ibu yang harus berjuang melahirkan tanpa berteriak walaupun merasakan sakit yang luar biasa, parah sih gak kebayang gimana disaat lagi nahan sakit yang luar biasa dan kita tetep gak boleh ngeluarin suara sedikit pun bahkan rintihan rasa sakit jugaa gak boleh SADISSSS!!


Dan ada satu lagi adegan di film tersebut ketika ayah dan anak lelaki nya yang bernama Marcus begitu bahagia bisa berteriak di dekat air terjun karena suara air terjun yang sangat keras mampu meredam suara teriakan mereka sehingga tidak akan terdengar oleh monster tersebut btw ini salah satu scane yang paling gua suka karena akhirnya tuh bioskop bersuara kaga sunyi alias sepi banget kek kuburan dan akhirnya gua bisa denger dialog plus suara asli para pemainnya hehe..
A Quiet Place adalah tontonan film bergenre horor yang bisa dibilang sangat apik dari segi produksi dan penyajiannya, film horor yang bukan hanya menampilkan sisi menakutkan dan menegangkannya saja tetapi juga dalamnya emosi yang dapat membuat penonton merasakan keharuan bahkan bisa bercucuran dah tuh air mata wkwk, karena adanya adegan-adegan yang memperlihatkan kasih sayang keluarga, kepercayaan dan rela berkorban. Bahkan film 'A Quiet Place' ini merajai box office Amerika, waaawwww pencapaian yang sangat besar dari film yang memiliki durasi tidak terlalu panjang dan sangat sedikit dialog antar pemainnya, selain itu budget yang bisa dibilang tidak terlalu besar untuk ukuran sekelas film Hollywood tetapi bisa menghasilkan film horor yang berkualitasss dan keceee abisss.



GHINA TASYA SALSABILA

No comments:

Post a Comment