Thursday, May 17, 2018

INDONESIA MENJADI TUAN RUMAH ASIAN GAMES 2018


Hai pecinta olahraga apa kalian tau asian games itu apa? Kenapa bisa indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya ini? Ayo kawan kita simak bersama-sama!!!

Asian games adalah sebuah pesta olahraga yang diikuti oleh beberapa negara di benua asia. Pada tahun ini indonesia sangat beruntung menjadi tuan rumah pada pesta olahraga ini, karena indonesia bisa langsung mengikuti pesta olahraga ini tanpa mengikuti kualifikasi terlebih dahulu. Asian games ke-indonseia punya tema yaitu the energy of asia. Asian games 2018 di indonesia ini adalah pesta olahraga ke-18, acara olahraga multi-event regional asia ini akan diselenggarakan di indonesia pada tanggal 18 Agustus – 2 september 2018, di dua kota yaitu jakarta dan palembang , serta beberapa tuan rumah pendukung yaitu jawa barat dan banten. Jumlah cabang yang dipertandingkan yaitu 40 cabang olahraga, 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non-olimpiade.

Asian games 2018 yang di selenggarkan di indonesia ini adalah perhelatan asian games ke-18 yang sebelumnya diselenggarakan di incheonpada tahun 2014 dan indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah setelah asian games ke-4 yang diadakan di jakarta pada tahun 1962. Fasilitas-fasilitas yang digunakan pada perhelatan asian games ke-4 akan digunakan kembali pada asian games ke-18 ini.untuk pertama kalinya dalam sejarah asian games, asian games kali ini diadakan didua kota sekaligus.

Indonesia disetujui menjadi tuan rumah asian games ke-18 oleh dewan olimpiade asia pada 19 september 2014. Awalnya asian games ke-18 di indonesia akan diselenggarakan pada tahun 2019 dan pada akhirnya dimajukan menjadi tahun 2018 karena pada tanggal 2019 di indonesia akan diselenggarakan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden indonesia.

 Sebelum indonesia terpilih menjadi tuan rumah asian games 2018 yaitu hanoi, vietnam yang mengalahkan surabaya, indonesia. Namun setelah terpilih hanoi pun mengundurkan diri dikarenakan kendala keuangan. Selain hanoi dan surabaya adapun kandidat lain yang menduduki peringkat ketiga dalam percalonan menjadi tuan rumah asian games ke -18 yaitu dubai yang menduduki peringkat 3.

Setelah hanoi mengundurkan diri, sebagai tuan rumah asian games ke-18. OCA menyatakan bahwa indenesia, tiongkok, dan uni emirat arab adalah kadidat yang paling mungkin untuk menjadi tuan rumah asian games ke-18 dan indonesia dianggap sebagai kandidat favorit, karena surabaya adalah runner-up saat penawaran sebelumnya.
Logo yang pertama yang diluncurkan pada 9 september 2015 menggambarkan cendrawasih, spesies burung langka yang ada di indonesia. Cendrawasih diresmikan sebagai maskot asian games ke-18 oleh wakil presiden jusuf kalla pada tanggal 26 desember 2015, tidak lama kemudian banyak munculnya kritik dari masyarakat atas desain maskot yang kurang menarik, penyelenggara menarik kembali maskot yang sudah diresmikan oleh wakil presiden itu dan memerintahkan kembali pada badan ekonomi kreatif untuk merevisi desain logo tersebut.

            Pada tanggal 28 juli 2016, logo dan maskot baru diresmikan oleh badan ekonomi kreatif, komite olimpiade indonesia, dan kementrian pemuda dan olahraga. Logo baru ini didasarkan pada stadion gelora bung karno yang dibangun untuk asian games 1962 di jakarta, dengan delapan jalur yang mengarah ke stadion, lambang dewan olimpiade asia sebagai matahari bersinar sebagai cerminan energi asia yang bersinar di seluruh asia. Maskot baru mencerminkan keberagaman indonesia dengan tiga hewan yaitu cendrawasih, rusa bawean, dan badak bercula satu.

            Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 triliun untuk mempersiapkan asian games 2018. Asian games juga melakukan estafet obor yang akan dimulai di stadion nasional dhryan chand di new delhi, tuan rumah pertama asian games. Api obor dihasilkan dari cermin parabola yang diarahkan langsung ke matahari. Obor tersebut kemudian akan dibawa ke api abadi di mrapenn, jawa tengah pada 18 juli dan kemudian melakukan perjalanan seluruh indonesia. Estafet obor akan selesai pada 17 agustus, tepat saat peringatan proklamasi kemerdekaan indonesia ke-73 di monumen nasional, jakarta sebelum dibawa ke upacara pembukaan asian games ke-18 di stadion utama gelora bung karno pada hari berikutnya.
            Arena yang digunakan asian games ke-18 di indonesia sebagian besar yang sudah ada, termasuk kompleks olahraga gelora bung karno yang dibangun untuk perhelatan asian games ke-4 pada tahun 1962 di jakarta dan kompleks olahraga jakabaring yang pernah digunakan pada Sea games 2011. Perkampungan atlet di jakarta sedang dibangun diatas lahan seluas 11 hektar dikemayoran, jakarta pusat. Sementara itu, media center di kedua kota akan menggunakan bangunan yang sudah ada, yaitu jakarta convention center dan sriwijaya promotion center di palembang.
            Indonesia pun menyiapkan transportasi sebagai persiapan menyambut asian games ke-18 ini, seperti pembangunan MRT dan LRT jakarta dipercepat pembangunannya, palembang pun meningkatkan transporasi mereka seperti membangun monorel dengan panjang 25 KM dari bandar udara internasional sultan mahmud badaruddin II ke jakabarin sport city. Beberapa tuan rumah pendukung pun ambil andil dalam membangun transportasi mereka seperti meningkatkan underpass, flyover, dan jembatan. Bandar udara internasional sultan badaruddin II pun memperluas terminal kedatangan dan keberangkatan, dan membangun skybridge dengan LRT yang mengambil para penumpang dari jakabaring sport city.
Jakarta akan menjadi kota penyelenggara upacara pembukaan dan penutupan yang sudah diputuskan oleh OCA walaupun sebelumnya MENPORA mengatakan palembang akan menajadi tuan rumah upacara penutupan. Ada seluruh 45 anggota dewan olimpiade asia dijadwalkan mengikuti dan berpartisipasi dalam asian games ke-18 ini. (farhan luqmanulhakim)

No comments:

Post a Comment