Tuesday, May 22, 2018

Game online Tidak Selamanya Negatif.


Kali ini kita akan membahas mengenai game online. Sebagian dari kita pasti menyukai dan hobi bermain game online. Karena berkembangnya teknologi, pasar game online mengalami peningkatan. Game online dari waktu ke waktu berkembang dan digemari disemua kalangan, baik usia muda dan tua gemar memainkan game onlie. Dan tidak sedikit orang menghabiskan waktunya dengan bermain game online.  
Game online sebenarnya sama seperti game-game offline, yang membedakan hanya koneksi internet. Game offline hanya bisa dimainkan oleh single player, berbeda dengan game online yang bisa dimainkan oleh lebih dari satu player secara bersamaan dengan menggunakan koneksi internet. Sehingga game online bisa membuat lebih seru.
Sebenarnya game online bertujuan sebagai pendidikan, karena pada awal tahun 1970  sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing yang disebut Plato, dibuat untuk memudahkan siswa belajar secara online, dan pengguna bisa mengakses komputer secara bersamaan berdasarkan waktu yang ditentukan. Pada tahun 1972 munculah Plato IV dengan kemampuan grafik baru yang bertujuan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain.
Perkembangan game online tidak lepas dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan. Game online pertama kali muncul adalah game simulasi perang atau pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer, game ini kemudian menginspirasi game lain untuk berkembang.
Di Indonesia sendiri game online baru mulai memasuki pada tahun 2001. Game online yang pertama kali diterbitan di Indonesia yaitu Nexia Online yang pada saat itu masih grafis 2 dimensi. Untuk memainkan Nexia Online tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi, cukup dengan 2 pentium kita bisa memainkannya.
Berikut beberapa manfaat game online :
      1. Membentuk kelompok dan belajar Team Work
Dalam game online ada yang menerapkan peraturan seperti absen di waktu tertentu. Biasanya player-player lebih mudah bermain dan lebih seru dengan membentuk Clan atau Guild. Secara tidak langsung kita belajar berorganisasi dan juga mengasah team work. Karena ketika memasuki game sudah dimulai mereka harus saling kerja sama yang kuat agar bisa menyelesaikan gamenya.
      2. Keterampilan Sosial
Kurangnya kemampuan dari beberapa anak dalam berinteraksi dengan orang lain bisa merusak dan meyebabkan depresi. Anak yang kurang percaya diri pada saat berinteraksi langsung mereka bisa bersosisalisasi didalam game. Dengan bermain game online anak dapat bersosialisasi dengan banyak orang. Bahkan dengan orang yang tidak dikenal sekalipun.
      3. Mengurangi Stres
Setiap orang mengalami stress, hal ini tidak mengenal usia. Ketika kita sedang stress bisa sedikit dihilangkan kejenuhan dengan bermain game online dan melepas tekanan dari tingkat stress.
4. Sabar dan Pantang Menyerah
Dalam permainan game online dimainkan secara berulang-ulang. Dan player harus mengupgrade item-item yang ada agar lebih hebat didalam game. Tentu semakin bagus item tersebut maka tingkat kesulitan untuk mendapatkannya sangat tinggi. Untuk itu setiap player bisa sabar dan pantang menyerah meski harus mengulang dari awal.
      5. Belajar bahasa inggris
Hampir seluruh game online menggunakan bahasa inggris, apalagi jika game yang anda mainkan berbasis World Server atau para gamer diseluruh dunia bisa memainkannya, sehingga kalian bisa berkomunikasi dengan gamer lain menggunakan bahasa internasional.
      6. Peningkatan kemampuan belajar
Dalam game online anda diajarkan untuk membangun kesempatan meningkatkan keterampilan kognitif seperti memecahkan masalahan dan mengambil keputusan dan kebanyakan game online mendorong seseorang untuk menjadi sabar dan kreatif berpikir.

Itulah beberapa manfaat bermain game online yang tidak jarang diketahui orang lain. Dan tidak selamanya yang dinilai orang lain tentang game online adalah negatif tapi melainkan ada beberapa manfaatnya.




DIGMA IHSAN N.