Wednesday, May 23, 2018

Pentingnya Perhatian Orang Tua Terhadap Anak


Masa remaja adalah masa dimana seseorang membentuk jati dirinya. Pada jaman sekarang generasi milenial sangat erat kaitan nya dengan media sosial. Mereka yang tergolong masih labil pun masih sering kali salah dalam mengkonsumsi berbagai macam informasi didalam kegiatan sehari hari.
Kurang nya perhatian terhadap anak remaja juga seringkali memicu para remaja ini melakukan hal-hal yang seharusnya tidak mereka lakukan.
Mudahnya mengakses segala hal di internet tanpa pengawasan sering kali di salah gunakan oleh para remaja. Tidak jarang mereka melakukan tindakan kriminal yang mereka tiru dari video yang mereka tonton, salah satu contohnya adalah melakukan pembulian,  melakukan adegan yang  orang dewasa lakukan, melakukan tindakan kriminal dan lain sebagainya.
Gaya hidup yang sedikit mulai bergeser juga merupakan faktor penting pemicu terjadinya kenakalan remaja. Tidak jarang kita melihat anak smp bahkan anak SD sudah merokok, sudah pacaran, bahkan sampai ada yang hamil diluar nikah. Tentunya para orang tua sangat dibutuhkan didalam pembentukan jati diri pada remaja, hal ini amat sangat memprihatinkan bagi para generasi milenial.
Bukan menjadi generasi milenial yang patut dicontoh melainkan menjadi generasi micin. Pembekalan diri terhadap anak yang beranjak dewasa juga perlu diperhatikan bagi seluruh orang tua. Ada baiknya si anak sudah diberi pelajaran mengenai agama, sehingga cara bergaul di dalam lingkungan sehari-hari pun akan terbilang baik.
Tidak ada salahnya orang tua memberikan sedikit teguran jika si anak mulai melenceng dari aturan dan norma yang sudah ditetapkan. Karna awal mula anak belajar adalah dari keluarga.
Faktor lingkungan juga amat mempengaruhi pembentukan jati diri mereka. Kenalakan remaja sering kali terjadi karena si remaja tersebut memang bergaul dengan orang-orang yang kurang baik dan cenderung melakukan hal-hal yang menyimpang seperti narkoba, miras, sex bebas dan lain sebagainya. Perilaku meniru yang di lakukan oleh para remaja tersebut memang hasil dari lingkungan di luar rumah.
Saya sebagai penulis sering kali merasa prihatin melihat anak2 remaja masa kini dengan gaya hidup yang kebarat-baratan. Memaksakan hidup mewah, melakukan tindakan kriminal, melakukan sex diluar nikah, tawuran, dan hal-hal lain yang benar-benar sudah merusak moral mereka.
Ada baiknya para remaja diluar sana yang kita anggap sebagai generasi penerus dapat lebih menghargai dirinya sendiri, lebih berfikiran positif, mendekatkan diri kepada Tuhan dan berusaha untuk menjauhkan diri dari berbagai hal yang berbau negatif. Jadikan masa muda kalian penuh dengan hal-hal yang positif. Hidup dengan menghargai diri sendiri lebih asik ko dari pada kalian merusak diri kalian dan berakhir dengan kepedihan. Ayo jadikan generasi milenial menjadi generasi yang patut di contoh bukan menjadi generasi micin dan merusak moral bangsa.

Dodi Prabowo

No comments:

Post a Comment