Friday, May 18, 2018

MENGENAL LEBIH JAUH MUSIK INDIE


Siapa yang tidak asing dengan kata Musik Indie? Yap, penikmat musik pastinya sudah tidak asing dengan Musik Indie yang belakangan ini marak terdengar di telinga para penikmat musik dan khusunya di kalangan anak muda.
Disini saya akan membahas sedikit sejarah dan perkembangan musik indie. Indie adalah sebuah kepanjangan dari Indiependent atau yang biasa disebut dengan Indie Music yang berarti sebuah karya musik yang dihasilkan tanpa campur tangan pihak label rekaman, oleh karna itu jenis musik yang disajikan pun bebas tidak tergantung musik yang sedang tren di zamannya. Meski begitu musik indie masih banyak memiliki penggemarnya yang berasal dari kalangan anak muda. Indie baru populer pada pertengahan tahun 1990an. Pada awalnya Indonesia lebih mengenal istilah underground. Terpengaruh oleh perkembangan musik luar yang menghasilkan beberapa varian musik baru seperti grunge, brit pop, hip-hop, melodic punk, dll, menyeret anak muda Indonesia pada banyak pilihan bermusik. Hal itu yang memicu munculnya band-band dan komunitas-komunitas baru dengan varian musik yang beragam. Sejak itulah istilah underground mulai digantikan dengan istilah indie.
Beberapa musisi tanah air yang mengusung musik indie, diantaranya :
1.Barasuara

Barasuara berdiri pada tahun 2011 yang menyajikan musik sedikit keras dengan lebih menunjukan arti dan makna setiap liriknya, tidak heran jika para penikmatnya mesti mendengarkan berulang kali lagu yang diciptakan oleh Barasuara karna mengandung banyak makna yang luas di setiap liriknya.
2.Danila Riyadi

Yang memiliki nama lengkap Danilla Jelita Poetri Riyadi musisi yang memulai karirnya dalam bermusik pada tahun 2013 hingga sekarng, dengan membawakan genre musik Jazz. Tidak heran banyak kalangan pria yang mengidolakan Danilla karna paras wajahnya yang cantik dan sering merokok dalam setiap penampilannya.
3.Payung Teduh
Siapa yang tidak asing dengan band satu ini? Yap, Lagu akad lah yang membuat nama Payung Teduh semakin meroket dikalangan masyarat di tambah dengan aliran musik Folk, Jazz dan Keroncong. Band yang berdiri pada tahun 2007 hingga sekarang semakin banyak di nanti – nanti karyanya, tapi sangat disayangkan sang Vokalis (Is) resmi mengundurkan diri disaat nama Payung Teduh sedang naik daun.
Nah, segitu saja pengertian, sejarah dan beberapa musisi yang memilih Musik Indie. Giliran kamu berkarya dengan menciptakan lagu sendiri dan memasarkannya secara individual, tanpa mengikuti arus pasar musik yang sedang berkembang di zamannya.(Fajar Ramadhan)