Thursday, May 17, 2018

Hidup Sehat itu MURMER!


Siapa sih yang gak mau hidup sehat? Hidup sehat gak perlu pergi nge-gym setiap hari dan menghabiskan banyak uang. Aku akan memberi tips tentang “Hidup sehat itu Murmer”. Kalian tahu kan Murmer itu apa? Yups! Murah Meriah. Khusunya untuk anak perantauan yang kuliah di lain daerah, akhirnya mereka memutuskan untuk kost, dan belum lagi harus mengirit uang jajan selama sebulan. Gak mungkin dong harus pergi ke tempat-tempat mahal dengan alasan untuk hidup sehat?  Jaman sekarang banyak banget, anak kost yang gak tahu waktu. Ada yang sibuk tugas, kegiatan mahasiswa sampai lupa dengan kesehatannya sendiri dan akhirnya berujung fatal. Mereka juga jauh dari pantauan orangtua, seringkali lupa makan.
            Salah satunya cerita dari teman aku yang punya saudara perempuan, dia ngekost juga. Karena terlalu sibuk dengan tugas kuliah yang menumpuk dan akhirnya dia makan makanan sembarangan yang membahayakan tubuhnya. Contohnya, makan mie instan, mengonsumsi minuman berkafein penahan rasa kantuk sampai minum minuman berenergi. Bahkan dia mengonsumsi semuanya dalam waku bersamaan. Sedangkan batas kafein yang dapat dikonsumsi oleh orang dewasa 400 mg jika melebihi batas dapat meningkatkan asam lambung. Dan kalian tahu gak guys? Jadi orang yang aku ceritain ini, udah berpulang ke pangkuan ilahi. Akibatnya karena gagal ginjal, alasannya apa? Dia mengkonsumsi terlalu banyak selain itu kurangnya beristirahat

Jadi gini lho ya guys, kafein bukan hanya ada di kopi seperti yang kita tahu, tapi juga dari minuman berenergi yang kita pikir akan memberikan tambahan energi. Sebenarnya itu bahaya banget. Tahu gak sih? Para dokter tidak menentukan batas aman bagi para pengonsumsi, walaupun kalian masih muda bahkan sudah usia lanjut, minuman itu belum tentu aman untuk diminum. Satu gelas minuman berenergi setara dengan 70-200 mg dan jumlah ini masih dapat bertambah dari bahan campuran lainnya seperti guaran dan lainnya. Kalau seseorang meminum minuman berenergi dan kopi dalam waktu berdekatan, mengakibatkan overdosis kafein.  (Penelitian Eksperimental. 2010)
           

 Sekarang kita membahas tentang mie instan, bahaya mie instan gak jauh-jauh dari kerusakan ginjal. Banyak dari kalian mungkin sudah tahu apa akibat dari mengkonsumsi mie instan secara berlebihan. Mie instan apabila dikonsumi secara tunggal atau tidak ditambah pelengkap sudah sangat berbahaya belum lagi ditambah nasi. Perut orang Indonesia berbeda dengan perut-perut negara lain, “belum makan namanya, kalau belum makan nasi”. Mie instan dimakan bersama nasi memang mengenyangkan, namun ada pula akibatnya. Salah satunya adalah kelebihan karbohidrat dan pada akhirnya Obesitas alias kegemukan! Belum lagi gula darah meningkat. Wah bahaya banget! For Your Information, Mie instan dimakan dengan nasi atau nasi dengan kentang, kandungan karbohidratnya sama-sama tinggi, karena Mie instan itu sendiri mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah. Boleh makan, tapi jangan berlebihan. 


Jadi gimana sih “Hidup Sehat itu Murmer” ?  
1.      Olahraga. Olahraga merupakan hal yang sangat kuat peranannya dalam menjaga kesehatan tubuh. Olahraga yang teratur membuat ketahanan tubuh menjadi lebih kuat,sehat. Dengan berlari-lari kecil keliling komples, lompat-lompat, senam irama, sesekali pergilah nge-gym.  Olahraga tidak hanya jasmani saja, olahraga secara rohani pun sangat diperlukan.
2.      Hindari stres berat. Untuk menghindari stres berat khususnya bagi anak kuliah yang mempunyai tugas yang tak kunjung usai, biasanya mereka melakukan olahraga kerohanian. Seperti selalu ingat kepada Tuhan dengan melakukan hal-hal positif dan ikut kegiatan ringan yang dapat mengurangi stres berat, kalian bisa juga dengan menonton serial yang menghibur menghilangkan penat.  Travelling salah satu opsi yang menyenangkan, tak perlu jauh dan mahal. Jalan-jalan ke mall untuk cuci mata barang diskonan misalnya.
3.      Makan teratur dan sehat. Seringkali orang-orang yang mempunyai kegiatan super sibuk, mereka selalu lupa makan dan sekalinya makan pasti makan makanan yang tidak sehat. Makan sembarangan, makan junk food setiap hari. Sebenarnya makan-makanan cepat saji tidak dilarang, namun jika berlebihan juga tidak baik.
4.      Jangan begadang. Hal ini sangat sering dilakukan oleh setiap orang. Untuk menyelesaikan deadline tugas yang begitu mepet, sistem kebut semalam bagi para siswa atau mahasiswa yang akan ujian bahkan hanya untuk menonton sepak bola atau berbincang dengan teman. Begadang yang terlalu sering, berakibat fatal. Dilansir dari hellosehat begadang akan memperpendek usia seseorang karena akibat yang ditimbulkan sangatlah besar seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, hingga kematian dini.

Gampang kan? Jadi masih mau menyia-nyiakan hidup untuk hal yang tidak baik? Intinya kalian harus menyayangi tubuh kalian sendiri dengan menjaga kesehatan, kebersihan baik jasmani maupun rohani. Keep healthy!  


Fernanda Khairunnisa V

No comments:

Post a Comment