Thursday, May 17, 2018

Motor Custom Booming Lagi!!!


Halo Sobat Otomotif. Belakangan ini sepertinya motor custom sedang digandrungi kembali setelah sekian lama tidak terlihat perkembangannya, khususnya motor custom bergaya klasik. Setelah adanya motor modif bergaya thailook, dragrace, modifikasi motor ceper dan masih banyak lagi gaya modifikasi yang ada di Indonesia. Motor Custom bergaya vintage atau oldschool ternyata sedang menjadi selera modifikasi sebagian pecinta roda dua di tanah air, terbukti dengan adanya salah satu garage (rumah modif) yang telah diakui sampai ke kancah Internasional yaitu Elders Garage. Motor Custom juga kian booming setelah bapak Presiden Joko Widodo ternyata menggunakan Motor Custom bergaya Chopperala bikers Amerika Serikat. Ini terbukti bahwa Presiden pun jadi “doyan” motor custom.

Dengan banyaknya minat para penggemar modifikasi dengan motor custom, sekarang banyak ditemui motor – motor custom dengan beragam bentuk mulai dari Japstyle, Bratstyle, Caferacer, Tracker, Bobber, Scrambler sampai Chopper sekalipun. Sama dengan fashion, otomotif pun memiliki siklus modifikasi. Ini menandakan Tren Motor Custom bergaya klasik diminati kembali!

Di Luar Negeri sana motor custom biasanya menggunakan mesin berCC besar seperti Royal Enfield, BMW, Honda CB650, Triumph sampai Harley Davidson. Namun di Indonesia sendiri biasanya lebih banyak menggunakan motor Kawasaki Ninja, Yamaha Scorpio,Suzuki Thunder 125 & 250 CC serta Honda GL Series; Tiger, MegaPro,GL Pro, GL Max. Selain lebih murah harganya, perawatan dan sparepartnya pun banyak di Indonesia.

Jenis motor custom yang ada di Indonesia pun cukup beragam dari mulai yang nyaman dikendarai, model yang unik sampai yang terlihat gagah ketika dilirik cewek – cewek. Itu semua tergantung selera si pemilik atau calon pemilik motor tersebut,  ingin mengedepankan nilai apa untuk motornya.





Berikut adalah beberapa jenis motor custom yang ada di Indonesia :

1. Jap’s style






Japstyle merupakan gaya yang diadopsi dari tren modifikasi di Jepang pada pertengahan tahun 1980an. Ciri khasnya adalah motor dengan tangki yang lebih slim, jok yang tipis serta posisinya yang lebih rendah dari tangki, knalpot yang dibuat custom, swing arm berbentuk bulat, ban yang cukup besar dan  stang yang dibuat semi hanger agar motor nyaman untuk dikendarai untuk sekedar keliling kota. Gaya modifikasi ini merupaan yang paling sering dijumpai di Indonesia.

2. Brat Style

Nama Brat sendiri adalah salah satu garage yang berasal dari Jepang, dimana garage tersebut memiliki ciri khasmdi setiap karya – karyanya. Bagi yang awam mungkin Brat Style memiliki spesifikasi yang cenderung sama dengan Jap’s Style, namun ketika dianalisis lebih dalam lagi ternyata Brat Style memiliki ciri khas yang tidak dimiliki Jap’s Style, ciri khas tersebut terletak pada spakbor belakang, Brat Style yang asli tidak menggunakan spakbor belakang sama sekali untuk bagian body motor ditambah lagi menggunakan stang jepit dan shock yang lebih pendek dibanding Jap’s Style. Cocok buat yang berbadan kurus dan proporsional ya!!!

3. Cafe Racer

Membicarakan Caferacer pasti udah tau dong gambaran motornya seperti apa. Yap, motor ini bisa dibilang cukup ikonik dan sangat mudah dikenali. Dari bentuknya yang menyerupai motor balap tahun 1950an, caferacer dikenal juga karena menggunakan hornet (ekor) yang menyerupai pantat lebah, jok yang hanya bisa untuk satu orang saja, pemasangan fairing layaknya motor balap, dan stang jepit untuk menunjang pengendara agar bisa menikmati sensasi seperti mengendarai motor balap jadul. Cocok buat lu yang gila kecepatan sob!!

4. Scrambler

Gaya Modifikasi ini sangat melekat bagi figur cowok yang suka berpetualang, dikarenakan motor ini dibuat untuk membantu para petualang menyusuri medan yang sulit dilalui dan penuh tantangan. Ciri utama yang sangat melekat adalah ban dengan motif kasar seperti motor trail dengan ukuran 400, stang yang lebih lebar, spakbor yang agak tinggi dan yang paling khas adalah tas kulit yang terletak disamping body motor. Jadi Bolang deh!!


5. Chopper

Satu lagi yang memiliki ciri khas yang sangat mencolok selain Caferacer, yaitu Chopper. Gaya modifikasi ini terinspirasi dari para biker yang ada di Amerika Serikat, ciri khasnya berada di fork depan yang sangat panjang, posisi stang yang lebih tinggi, tangki yang kecil serta ban belakang yang lebih besar ketimbang ban depan. Modifikasi ini juga biasanya menggunakan mesin yang besar diatas 200 CC agar terlihat lebih garang dan macho. Laki banget dah!

Nah, itulah beberapa gaya modifikasi motor custom yang ada di Indonesia dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Walau terkesan jauh dari motor standar biasanya tetapi dengan adanya gaya modifikasi seperti ini dapat membuka kesempatan bagi anak – anak bangsa untuk mengembangkan bakatnya dan mau belajar untuk memodifikasi motor.
Selain builder, para penjual sparepart dan aksesoris motor custom juga turut mendapat dampak positif dari keberadaan motor custom itu sendiri. Oleh karena itu Ayo kita dukung para builder lokal agar karya – karyanya bisa dikenal di kancah Internasional dan bisa mengharumkan nama Indonesia.

Walaupun belum ada regulasi secara resmi dari pemerintah mengenai motor custom secara lebih lengkap, tetapi untuk mengikuti aturan berkendara, gunakanlah spion, lampu, dan tentunya Helm ber-SNI. Karena dengan kita mengikuti aturan bukannya tidak mungkin suatu saat nanti motor custom menjadi hal yang diperbolehkan secara resmi di Indonesia.

Evan Prima Garwita

No comments:

Post a Comment