Thursday, May 17, 2018

Belum Tayang di TV, Produce 48 Menuai Pro dan Kontra.




Siapa sih yang tidak tahu acara survival korea produce 101? Pasti para pencinta musik korea atau yang biasa disebut kpopers sudah tidak asing sama acara ini. Acara pencarian bakat ini melahirkan idol group yang sangat fantastis seperti I.O.I jebolan dari produce 101 season 1 dan Wanna One jebolan dari produce 101 season 2. Di season ketiga ini, mnet selaku channel tv yang mengadakan acara ini memberikan sesuatu yang berbeda dari season 1 dan season 2.

Di season 3 ini mnet baru saja membuat proyek idol survival show bernama Produce 48. Yang unik dari season 3 ini adalah peserta yang berpartisipasi bukan hanya trainee dibawah naungan manajemen korea selatan, melainkan adanya partisipasi dari anggota idol group 48family di jepang seperti AKB48,HKT48,SKE48,NMB48. Jadi, di season tiga ini mnet berkolaborasi dengan Yasushi Akimoto yaitu selaku produser idol group 48family. Biasanya di season 1 dan season 2 ada 101 trainee yang berpartisipasi, tetapi sekarang hanya ada 96 trainee yaitu 48 trainee korea selatan dan 48 trainee jepang.
                Produce 48 ini sendiri menuai pro dan kontra dari masyarakat korea ataupun masyarakat luar negeri yang sudah mengikuti acara survival ini dari season 1. Telah kita ketahui bahwa mnet telah berhasil memproduksi produce 101 season 1 dan produce 101 season 2, bahkan group pemenangnya pun seperti I.O.I dan Wanna One berhasil melambungkan namanya, bukan hanya di korea tetapi sampai penjualan mancanegara. Tak heran acara produce 48 cukup dinantikan para pencinta musik kpop. Namun, banyak juga yang tidak menyukai acara ini karena dianggap ide penggabungan trainee korea selatan dan jepang tidak akan berhasil. Namun sampai sekarang mnet tetap melanjutkan produksinya..

Pada 10 mei silam, Produce 48 baru saja memperkenalkan dirinya ke masyarakat umum melalui lagu “naekkoya” (pick me). Akan tetapi ada netizen penikmat musik yang tidak menyambut dengan baik. Di kutip dari komentar situs melOn, netizen berkomentar
“seharusnya program ini berakhir setelah produce 101 season 2”
“coba pikirkan berapa banyak trainee korea yang masih belum bisa debut tapi kenapa harus mengambil trainee dari negara lain?”
“tolong jangan menghancurkan genre musik kpop”
“aku harap acara ini gagal dan mnet berhenti membuat produce” dan komentar lainnya.
                Sementara itu episode perdana produce 48 akan tayang pada 15 juni mendatang. Sama seperti season sebelumnya para trainee akan berkompetisi untuk dapat masuk ke formasi debut. Kabarnya formasi group nanti terdiri dari enam trainee korea selatan dan enam trainee jepang. Bagaimana menurut kalian?




                                                                                                                           

Anisya Octaviani Dewi